Kamis, 07 Januari 2010

KENANGAN MASA SMP


Kenangan ini muncul kembali saat aku berniat mengambil kertas kosong di map yang terletak diatas rak buku kamarku. Di dalam map tersebut, terdapat kertas-kertas hasil PraUN ku sewaktu di SMP. Ada secercah rasa sombong ketika aku mengenang kembali kertas tersebut beserta isinya. Ya memang.. namaku berada pada deretan teratas hasil PraUN dalam dua kali periode. PraUN 1 dan PraUN 3.
Alam khayalku beranjak ke masa itu, masa dimana hampir seluruh anak kelas 9 SMP Negeri 2 Subang memenuhi papan pengumuman yang terletak di dekat ruang guru. Saat itu aku sedang berada di kelas bersama sahabatku, Anindya. Temanku yang lain masuk ke kelas dan memberi tahu jika pengumuman hasil PraUN telah dipasang. Aku dan Nindy -panggilan akrab dari Anindya- bersigap menuju papan pengumuman.
Setelah berlari, aku pun menemukan segerombol anak kelas 9 memenuhi papan pengumuman. Aku tak bisa menyusup ke dalam gerombolan itu. Akupun tak bisa melihat dari kejauhan kertas pengumumah yang dipasang agak tinggi tersebut. Badanku terlalu mungil untuk melihatnya. Akhirny aku harus sabar menunggu hingga para gerombolan itu satu persatu bubar. Aku sempat melihat raut wajah mereka saat meninggalkan papan pengumuman, ada yang sumeringah, mungkin dia lulus PraUN, nilainya memuaskan dan rankingnya mungkin diatas, adapula yang wajahnya kusut, ringsek, teu mangrupa! Bukan karena ia memiliki wajah yang tak sedap dipandang, mungkin hasil PraUN nya tak memuaskan, berada dibawah garis kelulusan atau mungkin rankingnya tak setinggi yang ia harapkan. Tapi yang aku herankan, masih saja ada yang berkata seperti ini setelah melihat papan pengumuman itu, “Anj*ng, urang teu lulus euy! Edan eta nilai!” bukan, bukan kata itu yang membuat aku heran, tapi dia itu -orang yang berkata demikian- berkata sambil tertawa dan wajahnya tak menampakkan sedikitpun kekecewan dan penyesalan. Aneh. Ya aneh aku bilang. Tapi sudahlah, tak penting juga memikirkan anak itu. Yang penting sekarang aku harus melihat hasll PraUN ku!
Dan… JERENGJEENGG!! Namaku berada pada posisi teratas! Yaa, aku ranking pertama se-SMP di PraUN ke-2 ini! Alhamdulillah, wansyukurillah, betapa bangganya aku... “Mama papa, aku pulang dengan kemenangan!” pekikku dalam hati. Lalu aku pandangi lagi kertas pengumuman tersebut, nilaikuu… Bahasa Indonesia 8.20, Matematika 9.47, IPA hanya 7.00, dan 9.20 untuk Bahasa Inggris! Fantastis bukan? (Walaupun nilai IPA ku pas-pasan) Alhamdulillah, bertambah lagi rasa syukurku... Makasih Ya Allah 
Aku kembali menatap kertas pengumuman yang membuatku hatiku berlompat-lompat kegirangan. Aku melihat deretan nama di bawah namaku, Alda Wydia Prihartini Azar, Yuri Ardhya Stanny, dan Iffianti Azka Atsani. Hmm, mereka bertiga adalah sahabat terbaikku. Kami memang sering berebut posisi teratas dalam ranking di SMP tercinta ini, tapi diluar itu… Kami adalah sekelompok sahabat yang memiki kesamaan rasa! Aku jadi teringat, pernah ada yang bilang -diluar aku, yuri, alda, iffi dan juga sahabat kami lainnya yang masuk sepuluh besar- kalau kami -aku, yuri, alda, iffi dan juga sahabat kami lainnya yang masuk sepuluh besar- hanya mau berteman dengan anak-anak yang otaknya diatas rata-rata saja. HEY! Kami sebenarnya tidak begitu! Kami hanya kebetulan saja suka belajar bersama sehingga kami bisa klop satu sama lainnya. Apakah itu salah? Aku rasa tidak. Ah tapi pendapat orang biarlah mengalir, kami tetap kami, WE ARE WHAT WE SAID! Itu semboyan yang dicetuskan oleh Iffi, sahabatku yang putih yang jago bahasa inggris.
Tersadar dari lamunanku, aku masih berada di depan papan pengumuman hasil PraUN, aku mencari nama sahabatku sekaligus teman sebangkuku, Anindya Sekar Utami. Dan ternyata… YEAH! Dia berada pada posisi ke-8! Progress yang bagus Nind! Nindy yang sedari tadi berada disampingku serta merta memelukku... “Syabiiiiin!!! Selamat yaa, kamu kesatu! Gak sia-sia aku ngajarin kamu… hehehe” Aku pun balas memeluknya, “Kamu juga selamat yaa, ranking kamu ada tepat dibawahnya si Ketos, hehehe” Wajah nindy seketika berubah jadi masam… Ya, Firman Firdaus, yang berada pada posisi ke-7, Sang ketua OSIS SMP kita tercinta, sekaligus orang yang dikagumi Nindy! Hihihi.
Aku dan Nindy mundur dari depan papan pengumuman tersubut. Aku melihat Iffi dan sahabatku yang lain baru datang dan baru melihat papan pengumuman hasil PraUN tersebut. Wajah mereka tak seceria yang aku bayangkan, menyiratkan bias kekecewaan! Mungkin mereka tak terbiasa berada diposisi dibawah ranking satu. Akupun seketika sadar diri, aku jadi merasa rendah, aku tak pantas berada di posisi teratas. Harusnya, salah satu dari Iffi, Alda ataupun Yuri yang menempati posisi tersebut. Mereka jauh lebih pantas dari pada aku.
Setau aku. Yuri, Iffi dan Alda itu dulu dari jaman SD sampai kelas 8, mereka selalu ranking 1. Saat tes masuk SMP pun, Yuri, Alda, dan Iffi berurutan menempati posisi hasil tes IQ TERTINGGI SEKABUPATEN! Bayangkaan.. sekabupaten sooob! Subhanallah.. Tapi apa yang aku punya? Waktu tes IQ itu saja, aku hanya mendapat angka 360, sedangkan Yuri, Iffi, dan Alda, mereka di atas 400! Jauh sekali bukan? Aku jadi tambah merasa tambah tidak berharga…
Setelah pembagian raport semester 5 -kelas 9 smt. 1- aku yang sekelas dengan Yuri dan Alda, tidak tahu bagaimana caranya, bisa menjadi ranking 1 dikelas! Alda mendapat posisi kedua dan Yuri ketiga. Aku merasa posisiku ini sangat menganggu mereka, sahabat-sahabatku… Dan kali ini terulang lagi, aku mendapat peringkat pertama pada saat PraUN kedua dan ketiga. Ya Allah... jujur aku merasa tidak ada apa-apanya dibanding mereka… aku tak tahu bagaimana harus menyikapi ini semua, haruskah aku memaki Engkau atas semua takdir-Mu ini? TIDAK! Itu adalah hal yang paling bodoh! Aku harusnya bersyukur atas semua yang telah aku capai berkat Izin-Nya. Alhamdulillaah wa syukurillah 
Tapi rasa bersalah ini, rasa rendah ini, rasa tak pantas ini, selalu menghantuiku.. “Maafkan aku, Yuri, Alda, Iffi… aku telah merebut posisi kalian…” :(

2 komentar:

  1. Yuri Ardhya Stanny1 Agustus 2011 pukul 15.09

    nggie , yaampuuuuuuun ui baru baca ini cerita :o sumpah kangen banget sama masa2 SMP :'(

    eeeh engga dooong , jgn merasa rendah diri gitu nggie :'D nggie berarti hebat bisa ngegeser posisi2 temen2 nggie :D hihi selamat yaaa gie :D

    tetep jadi temen terbaik ui sampai nanti yaaaaaaaa :*

    BalasHapus
  2. Time flies ya :") Aku iseng ketik namaku di pencarian Google, tiba-tiba nemuin ini dan jengjeeeeng!!
    Sudah 5 tahun berlalu setelah Nggi posting ini dan mungkin kejadiannya sudah hampir 6 tahun ya haha

    The power of browsing :')


    Bahkan aku ga inget ini Nggiii :") rindu kaliaaan . .

    BalasHapus